Friday, January 3, 2014

Pengertian Water Resist 50 Meter


Secara umum, jika produk tersebut water resist, produk ini dirancang untuk menolaknya tetapi tidak benar-benar mencegah penetrasi air. Ini berbeda dari item waterproof, yang benar-benar menjaganya dari air (lihat perbedaan water resist vs waterproof). Namun, ketika mengacu pada produk yang dirancang untuk digunakan dalam air, istilah ini memiliki arti yang berbeda. Item ini dapat kehilangan kemampuannya untuk menahan air dari waktu ke waktu atau melalui kontaminasi bahan kimia atau suhu ekstrim, sehingga Federal Trade Commission memerintahkan bahwa benda tersebut dinamakan "water resist" bukan "waterproof". Bahkan jam tangan yang dirancang untuk menyelam seutuhnya tidak bisa disebut tahan air. Desain benda-benda ini tidak berubah, hanya terminologinya, sehingga item yang tahan air hingga 50 meter mampu menahan air hingga 50 meter dalam kondisi normal

Batasan

Item yang diberi label tahan air hingga 50 meter tidak boleh digunakan untuk snorkeling atau scuba diving bahkan jika Anda tidak berencana untuk menyelam atau berenang lebih dari 50 meter. Hal ini karena produk itu diuji dalam kondisi laboratorium, di mana mereka bergerak dan pada suhu konstan. Namun, ketika perenang sedang snorkling atau scuba diving, gerakan mereka secara dramatis meningkatkan tekanan pada benda yang dikenakan.


Faktor Kerusakan

Banyak hal yang dapat merusak barang tahan air. Alasan utama item ini tidak akan lagi tahan air adalah perubahan suhu dan bahan kimia. Perubahan suhu merupakan faktor pertama bagi item tahan air karena bagian-bagian tahan air memuai dan terkadang mengelupas akibat perubahan suhu. Untuk alasan ini, barang tahan air tidak boleh dipindahkan dari terik matahari langsung dengan air dingin atau sebaliknya. Zat kimia juga buruk bagi barang-barang tahan air. Zat kimia yang merusak seperti klorin, garam dan mineral lainnya.

Tingkat Ketahanan

Tingkat ketahanan air menentukan apa kegiatan yang dapat dilakukan dengan item. Item yang tahan air hingga 50 meter bisa menahan cipratan air, tetapi tidak jika terendam. Sebuah produk yang tahan air hingga 100 meter dapat digunakan untuk berenang di kolam. Jika item yang tahan hingga 200 meter, dapat digunakan untuk snorkeling. Produk yang tahan air hingga 1.000 meter dapat digunakan untuk menyelam hingga 40 meter. Untuk menyelam yang lebih dalam dari 40 meter, penyelam harus menggunakan produk yang khusus dirancang untuk menyelam laut yang lebih dalam.

No comments:

Post a Comment